Senin, 30 Maret 2009

Apa itu JITU?

J

Jeli- Teliti semua caleg yang ada di daerahmu. Pastikan caleg pilihanmu memiliki komitmen dan kontribusi nyata dalam membangun kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan atau layanan publik, dan dalam memperjuangkan pemenuhan hak asasi manusia, khususnya bagi kelompok masyarakat yang terpinggirkan, termasuk perempuan.

I

Inisiatif- Cari tahu visi dan misi caleg yang ada di daerahmu, dan tanyakan pada caleg pilihanmu program-program yang akan ia kedepankan bila terpilih. Pastikan caleg pilihanmu adalah orang yang senang mendengarkan usulan masyarakat tanpa diskriminasi, terampil dalam menghimpun pendapat masyarakat, terbuka dalam menerima kritik, dan mampu membangun kerja sama dengan semua pihak dalam penyelesaian masalah.

T

Toleran- Berikan suaramu hanya pada caleg yang menghargai keberagaman suku, agama, ras dan budaya yang ada di seluruh Indonesia, khususnya di daerahmu. Pastikan caleg pilihanmu bukan pelaku ataupun orang yang menyetujui penggunaan kekerasan, baik di dalam kehidupan pribadi, dalam hubungan kerja maupun terhadap anggota masyarakat lainnya.

U


Ukur- Periksa program caleg pilihanmu. Pastikan program-program yang ditawarkan menjawab persoalan yang dihadapi oleh masyarakat secara sungguh-sungguh, bukan sekedar simbol. Bila nanti caleg pilihanmu terpilih, pastikan keterlibatanmu dalam mengawasi dan memberikan masukan padanya agar program-program itu benar-benar dilaksanakan dan memberikan manfaat, bagimu dan bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar